Rabu, November 30, 2022

PSSI Batalkan Laga Timnas Indonesia di JIS, Anies: Kira-kira Mungkin Enggak ?

Radar24.id | Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menanggapi langkah PSSI yang membatalkan laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Curacao digelar di Jakarta International Stadium (JIS). Laga yang dijadwalkan digelar akhir September 2022 itu dipindah ke stadion lain di Jawa Barat.

“Jawaban saya cuma senyum aja, gitu aja,” kata Anies saat ditemui di sekitar Plaza Beos, Jakarta Barat, Sabtu (10/9/2022).

Anies pun tak berkomentar lebih banyak terkait langkah PSSI yang mengurungkan niat untuk melangsungkan laga Timnas Indonesia melawan Curacao di JIS dengan alasan faktor kelayakan dari JIS.

“Kira-kira mungkin enggak? Jawaban saya cuma itu aja, kira-kira mungkin enggak? Kira-kira,” tutur Anies.

Sebagaimana diketahui, JIS batal menjadi venue laga Timnas Indonesia di FIFA Matchday yang akan dihelat pada 27 September 2022.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan, JIS belum memenuhi persyaratan infrastruktur di berbagai aspek. Karena itulah, stadion berkapasitas 82.000 penonton itu urung jadi tuan rumah.

Sementara, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro telah menegaskan JIS telah memenuhi standar FIFA. Setidaknya hal itu dilihat dari pemilihan arsitek yakni Buro Happold.

Plt Direktur Proyek JIS Arry Wibowo mengatakan, Buro Happold merupakan konsultan perencanaan pembangunan dari Inggris yang memiliki pengalaman dalam merancang stadion sepak bola kelas internasional.

Salah satu karya Happold ialah Tottenham Hotspurs Stadium dan sejumlah stadion yang dipakai dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik rencana desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan,” kata Arry dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (10/9/2022).

Arry menegaskan JIS telah memenuhi rekomendasi teknis dan persyaratan stadion sepak bola standar FIFA.

Setidaknya, ada 10 poin JIS telah sesuai standar stadion FIFA. Kesepuluh poin itu menjelaskan terkait sarana dan prasarana yang ada di JIS dan sesuai standar FIFA. (Sindonews)

Rekomendasi Terbaru